Hukum Gaya Foto Selfie Kekinian Menjulurkan Lidah Bagi Perempuan Menurut Islam

15.43

Apa sih hukumnya Gaya berfoto Selfie Kekinian Menjulurkan Lidah Bagi Perempuan Menurut Islam

Assalamualaykum,

Salam hangat,

Halloo temen-temen akhirnya kita ketemu lagi ya di catatan dan bahasan ringan seputar keislaman yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari "selfie dulu ah.. ckreek ckreek". hehe...

Tuh kan belum juga di bahas tentang topik selfie, eh akunya udah ngebet duluan pengen selfie mulu.... kalo aku sih orangnya gak munafik. Jujur aku suka banget selfie. Padahal aku cowo loh tapi bukan lebay hanya hobi saja sih.

Sebenarnya nulis kata selpie itu kayak gini "selpi" atau kayak gini sih "selfy" atau mungkin gak ada yang benar sama sekali. maklum lah aku gk bisa bahasa bule. wkwkw... "nyari aja di google mas atau di kamus kok repot sih" ada yang bilang gitu. bukannya gak mau repot, sengaja biar tulisan ini makin rame. oh iya nanti kalau temen-temen sudah selesai bacanya langsung komen ya.. (nah disini ramenya, banyak komen) hikhiik...

Hemm, kenapa aku angkat topik tentang  Hukum  Gaya Foto SelfieKekinian Menjulurkan Lidah Bagi Perempuan Menurut Islam, itu karena aku juga suka sekali sama selfie.. tapi selain itu, juga merasa tertantang untuk angkat bicara sebab aku lihat akhir-akhir ini banyak sekali orang yang selfie (ini dikhususkan untuk kaum hawa/wanita ya) yang katanya selfie kekinian dengan menjulurkan lidah. karena merasa tertantang akhirnya aku coba tanya ke guru ngaji aku namanya pak Ubay biasa aku panggil (beliau orangnya suka becandaan) dan apa jawaban dari beliau? yuk baca tulisan ini sampai ke bawah!

Dialognya seperti ini pakai bahasa sehari-hari ya maaf. Kebetulan waktu itu kami habis pulang kuliah jadi selain beliau itu guru ngaji aku, juga sekaligus teman kuliah aku (beliau usianya lebih senior) :

Aku : “pa, aku mau tanya boleh? ”
Pa Ubay :”wah mau nanya kapan ditraktir lagi ya hayooh”. Candanya.
Aku : “ya bukan pa kali ini serius nih pa, tapi nanti abis ini ditraktir ya hehe...  jadi gini, sekarang kan kalau diperhatiin banyak tuh yang suka foto-foto, tapi kok aku lihat banyak kaum hawa yang sambil difoto lidahnya dijulurin gituh pa. Aku denger katanya itu pamali ya pa atau gimana sih pa? ”
Pa Ubay : “oh, jadi gini ada salah satu hadist yang melarang kita menirukan kebiasaan binatang, mungkin itu rujukannya”
Aku : “oh gitu ya pa”
 <udah gitu aja, tamat>


Berikut ini dalil yang melarang kita menirukan perilaku binatang

Menurut info yang aku baca, ada hadist Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Jika seseorang dari kamu sujud, maka janganlah ia turun sujud sebagaimana mendekamnya onta” 

Kalau kita hubungkan dan coba bandingkan antara gaya berfoto selfie menjulurkan lidah dengan kebiasaan binatang maaf “biasanya binatang yang suka menjulurkan llidah itu anjing” iya kan.


Nah sekarang kita coba cari tahu kenapa maaf “anjing” suka menjulurkan lidahnya menurut info yang aku baca  :
  1. Yang pertamana karena anjing tersebut kehausan
  2. Karena anjing  tersebut kepanasan
  3. Dan yang terakhir karena anjing tersebut ngasih kode. Kode apa ni? Ngasih kode kalau anjing tersebut (anjing betina) minta disetubuhi oleh anjing jantannya.
Nah sekarang sudah faham kan apa alasan maaf “anjing” suka menjulurkan lidahnya. Dan kalau kita kaitkan antara wanita/perempuan yang suka berfoto selfie menjulurkan lidah dan maaf “anjing (betina) ” yang suka menjulurkan lidahnya pula maka seperti rujukan dari hadist diatas bahwa diantara kita dilarang atau diharamkan meniru kebiasaan atau prilaku binatang

Baca juga tulisan ini biar makin akrab : trend berhijab dan cara berhijab yang syar'i

Kesimpulannya

Sudah sepatutnya kita yang dianugerahkan kelebihan dari makhluk lainnya oleh Allah berupa  “akal” maka seharusnya kita tahu mana yang baik dan buruk serta bisa membedakan mana yang seharusnya dilakukan manusia dan mana yang seharusnya dilakukan binatang. Sudah jelas bukan!

Oh iya, bagi temen-temen yang kebetulan suka sama tulisan ini tolong kasih kesan dan sarannya  di kolom komentar biar rame dan jangan lupa juga di klik tombol LIKE nya di bawah artikel ini. Kalau dirasa tulisan ini bermanfaat ayo kita share ke media sosialnya temen-temen tombolnya ada di paling bawah artikel ini.

 #mariBerkawan

Demikina catatan tentang Hukum Gaya Foto Selfie Kekinian Menjulurkan Lidah Bagi PerempuanMenurut Islam akhirnya rampung juga. Semoga kita semakin lebih baik lagi aamiiin.

Inget jangan lupa ramein kolom komentarnya oke (temen2 masuk dulu ke akun google-nya supaya bisa berinteraksi bareng)

Wassalam....


First

25 komentar

  1. semoga bermanfaat dan ada uyang mau baca artikel aneh ini. insyaallah barokah dunia maupun akhirat, :)

    BalasHapus
  2. Saya sering sekali melihat wanita seperti itu, terkadang juga jijik gimana gtu kalo fotonya berpose seperti itu, seperti halnya anjing lah, semoga saja muslimah atau para perempuan melihat post ini...

    Jokowarino.ID Komunitas Blogger Indonesia, Jurnaliscun.com Situs Edukasi Terbaik Saat ini, Situs Pendidikan dan Sumber Informasi

    BalasHapus
  3. @Renaldi : iya gan. smoga aja yg suka selV bisa tau apa yg sdg mreka lkukan. insyaallah :)

    thanks gan dah brkunjung

    BalasHapus
  4. Thanks info nya gan...menambah ilmu

    BalasHapus
  5. @Dede kurniawan : amiin insyaallah gan. mksih dah brkunjung :)

    BalasHapus
  6. idiiih....sebegitunya ternyata hukum meletin lidah pas lagi selfy ya, untung saya mah ngga pernah selfy, abis Hp nya jadul juga sih, nggak bisa buat selfy

    BalasHapus
  7. ia nih sering jumpa yang begitu di socmed, hehe
    saya aja ngilu melihatnya apa lagi lelaki ya

    sebenarnya ada lagi yang harus diwaspadai oleh wanita yang gemar publikasi foto selfi di socmed : fotonya disalahgunakan orang :)

    contoh nyata: blogger nakal sering memasang foto mereka dan dibubuhi kata2"dewasa" untuk menarik follower... cara lama (tapi mohon yang waras jangan gunakan cara ini lagi ya, sayangilah ibu anda :) )
    semakin cantik semakin berpotensi disalahgunakan, makanya kasian para perempuan cantik yang gemar selfi

    BalasHapus
  8. Makasi info nya gan... Sekarang ane tau itu gk boleh dilakukan :D
    Wah nambah ilmu lagi nih... :D

    BalasHapus
  9. Duh... ternyata segitunya hukumnya menjulurkan Lidah saat selfy ... itu berlaku buat cowok juga ya hihih

    BalasHapus
  10. @cilembu thea : wkwkwk... iya yaa gan paling suka juga foto breng yg laen.
    move on gan hp nya kalo mau selfy ... :D

    BalasHapus
  11. @Debe dilacious: iya juga sih sis.... kita tau sndiri kan tiap org beda2. ya ambil sisi positifnya aja dah.... yg pnting kita saling mngingatkan n sadar aja ya. insyaallah cukup. :)

    BalasHapus
  12. @Rico Agustinus: iya gan mksih dah mampir. smoga bisa manfaat dan barokah ttntunya. :)

    BalasHapus
  13. @Yono Karyono: mnungkin post di atas alasannya lbih ke dampak negatif yg di timbulkan gan makanya hukumnya haram.

    BalasHapus
  14. حفظه اللهعَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبيّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا، فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ، فَاتَّقُوا الدُّنْيَا، وَاتَّقُوا النِّسَاءَ، فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بْنِي إِسْرَائِيلَ كَانَتْ فِي النِّسَاء

    Dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , beliau bersabda, “Sesungguhnya dunia ini manis dan indah. Dan sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla menguasakan kepada kalian untuk mengelola apa yang ada di dalamnya, lalu Dia melihat bagaimana kalian berbuat. Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap dunia dan wanita, karena fitnah yang pertama kali terjadi pada Bani Israil adalah karena wanita.”

    TAKHRIJ HADITSHadits ini shahîh. Diriwayatkan oleh: Muslim [no. 2742 (99)], Ahmad (III/22), an-Nasâ`i dalam as-Sunanul-Kubra (no. 9224), Ibnu Hibban (no. 3211-at-Ta’lîqâtul-Hisân), al-Baihaqi (VII/91), ath-Thahawi dalam Syarh Musykilul-Âtsâr (no. 4326), al-Baghawi dalam Syarhus-Sunnah (no. 2243), dan lainnya.

    BalasHapus
  15. @cs nicko : subhanallah mkasih gan atas komentarnya..

    BalasHapus
  16. Makasih gan info nya, lagian juga suka geli liat perempuan selfie menjulurkan lidah

    BalasHapus
  17. @Riswantio16: he'em gan... klo ngliat bisa lngsung d ingatkan tuuuh... :) thanks gan

    BalasHapus
  18. ni temen2 saya suka gini gan. Kalau dibilangin ngomel, katanya sok suci, padahal kan bisa 'mengundang' kiamat kubra

    BalasHapus
  19. @bangsat ria blog's : hahaaa.... iya gan emang susah klo d kasih tao sama kbnrran maa... org biasanya akan cpet tanggap klo sugestinya lbih cenderung negatif.... yaa berharap sih kita smua makin sadar.

    BalasHapus
  20. Subhanallah... artikel ini bukan hanya bermanfaat tapi menyadarkan nice info gan :)

    BalasHapus
  21. @Hans Gates : insyaallah dan mudah2 demikian gan. thanks gan udh brkunjung.. :)

    BalasHapus
  22. Haha saya setuju banget sama anda gan. Biar mereka tau

    BalasHapus
  23. Calon penulis muda indonesia...

    BalasHapus
  24. @esa: gan esa thanks dah mampir gan. yaa smoga aja daaah..

    BalasHapus