Jangan Berkata "Ah" Nanti Durhaka Kepada Orang Tua

12.07
Durhaka Kepada Orang Tua menurut Islam Salah satunya berkata "Ah"
Durhaka kepada Orang tua menurut Islam
Assalamualaykum,

Salam Hangat,

Suatu hari ada seorang ibu yang meminta tolong ke anaknya untuk dibelikan sesuatu.
Ibu : "Nak Nak... kesini sayang. Ibu ada perlu sebentar sama kamu. Ayo kesini anaku sayang" ibu memanggil.
Anak : "Ah ibu ada apa bu manggil-manggil, aku kan lagi sibuk chatingan nih Ah. Emangnya ada apa sih bu?" bentak sang anak.
Ibu : "Nak tolong belikan ibu terasi rasa keju" pinta sang ibu.
Anak : "walah setahuku terasi gak ada rasa keju bu, Ah lain kali aja lah bu. oh atau minggu depan aja bu aku lagi chatingan nih tanggung" tegas si anak.
Ibu : "Ya ada kalau bikin mah".
anak :  "gak mau ah males, tanggung nih. Ibu aja sih ah napa!"
Ibu : "masyaallah, segitunya kamu sama ibu. ya sudah kalo kamu gak mau, ibu saja yang beli sendiri" lalu ibu pergi dengan perasaan sedih sambil menangis.

Tuh coba lihat dialog seorang anak kepada ibunya sendiri. Dan coba perhatikan kata-kata yang sering keluar dari mulutnya ketika dia menolak untuk membantu ibunya. yap dia berkata "Ah". Padahal jangan sampai berkata "ah" nanti malah durhaka kepada orang tua. Kenapa bisa begitu? yuk baca sampai bawah!


Aku rasa mungkin hampir kebanyakan dari kita sebagai seorang anak pasti pernah membuat orang tuanya menangis. Bahkan akupun juga pernah bikin ibu nangis tapi itu dulu. Sekarang udah gede kalau inget dulu pernah bikin ibu nangis pasti aku tetesin air mata karena sedih. Aku takut Allah murka karena aku durhaka kepada orang tua. Makanya aku punya inisiatif coba bikin blog catatanseorangmuslim17.blogspot.com ini sengaja untuk sekedar sharing pengalaman. Jadi blog ini isinya tentang semua hal yang berkaitan dengan keislaman yang terjadi pada diri aku ataupun umum. aku sengaja angkat kisah nyata aku dan kisah orang lain agar bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua yang membacanya. Bukan bermaksud menggurui tapi hanya ingin berbagi saja kok.

Ok, masa lalu biarlah masa lalu jangan kau ungkit jangan ingatkan aku (lah malah nyanyi). Semoga kita bisa belajar dari kesalahan sebelumnya untuk tidak akan mengulanginya lagi dimasa yang akan datang.

Ok, Sudahi basa basinya kini saatnya serius! berikut ini firman Allah tentang bagaimana sih caranya memuliakan kedua orang tua. Salah satunya dengan tidak berkata "ah" dan tidak membentak keduanya dan ingat jangan sampai durhaka kepada orang tua. Berikut firmannya :


Allah Berfirman Dalam Surat Al-Israa ayat 23-24 :


“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.
(Al-Israa : 23-24).


Kesimpulan

Akhirnya kita sampai kebagian kesimpulan.
Jadi intinya jangankan membentak dan memarahi apalagi sampai tidak menuruti perintah dan kata-kata orang tua, berkata "Ah" saja itu merupakan perbuatan dosa dan dosa ini bisa saja jadi "panitia" neraka Jahanam bagi kita. Dan jangan sampai membuat hati orang tua kita merasa sedih dengan kelakuan kita apalagi sampai membuatnya menangis.

Baca juga catatan ini biar nambah nambah informasi : Selfie kekinian yang mengundang birahi

Semoga catatan tentang Jangan Berkata "Ah" Nanti Durhaka Kepada Orang Tua ini bisa bermanfaat untuk kita, aamiiin.

Oh iya, bagi temen-temen yang kebetulan suka sama tulisan ini tolong kasih kesan dan sarannya dan jangan lupa juga di klik tombol LIKE nya di bawah artikel ini. Kalau dirasa tulisan ini bermanfaat ayo kita share ke media sosialnya temen-temen tombolnya ada di paling bawah artikel ini.
 #mariBerkawan

Tag : Larangan Berkata "AH" Kepada Orang Tua,Jangan Berkata "Ah" Nanti Durhaka Kepada Orang Tua , Dosa kecil dan sepele yang bisa menjerumuskan kita ke neraka, hukum berkata ah menurut pandangan islam, cara bertutur kata yang baik kepada orang tua, cara memuliakan kedua orang tua, dalil tentang larangan berkata "ah" kepada orang tua

Salam Hangat,

wassalam..
Previous
Next Post »

10 komentar

  1. semoga bisa bermanfaat untuk sesama ku. meskipun artikel ini hanya sepele. tapi mengingatkan yg lebih penting.. :)

    BalasHapus
  2. ya hal tersebut kecil tapi berbahaya.perlu diingatkan berkali-kali.Anak muda jaman sekarang kebanyakan terpengaruh oleh aliran globalisasi

    BalasHapus
  3. @Rohman Bejo: iya gan. yaah malum lh biasanya klo msih muda emang kyak gitu sifatnya. biasanya baru nyadar klo udh dewasa. thanks gan dah visit.

    BalasHapus
  4. Bagus inni blog, tapi saran saya penulisannya harus lebih bagus dan gunakannlah bahasa nasional... karena inni bisa juga jadi dakwah anda di dunia maya :)

    Saya suka artikel ini, sukses om :)

    BalasHapus
  5. @Arijal Meutuwah: mkasih gan sarannya. insyaallah di barokah dn mnfat bwt saya. smoga kdpannya jadi lbih baik lg nulisnya. thanks gan

    BalasHapus
  6. astagfirullah. ternyata kata tersebut tidak boleh di ucapkan saat di suruh ortu. nyesell...

    BalasHapus
  7. @C A N D R A: yaa bgitulah mnusia... yg pnting kita bisa bljr dari kslhan itu lbih baik.
    thanks gan dah brkunjung :)

    BalasHapus
  8. saya suka artikelnya min, berguna dan juga tujuannya untuk saling mengingatkan. saran saya, bahasa nya lebih dibaku kan. agar enak saat dibaca. terima kasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih mas https://plus.google.com/115800312669948098064 khairul akbar skrg tulisannya sudah dirombak habis2san. maklum masih belajar. makasih semua masukan dan sarannya ya :)

      Hapus